Blog

I am contributor on Kaskus.co.id and wrote articles about Career Guidance. 

Check them out here. Be my Agan and Sista. 

  • Admin

10 Tips untuk Sukses Membangun Network Bisnis


Hai Agan dan Sista! Ketemu lagi sama ane, Maya Arvini. Buat yang belum kenal, bisa dicek di link ini ya. Sebelum ini, ane udah nulis beberapa tips seputar karir buat agan dan sista lho. Penasaran sama apa aja yang udah ane tulis? Cek ada di kategori “News & Info”, forum “Bisnis” sub forum “Dunia Kerja dan Profesi”,  disitu agan dan sista bisa baca thread-thread yang udah pernah ane tulis.


Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :

1. Ane baca dan reply thread setiap hari jam 8 – 9 malem kecuali hari sabtu & minggu.

2. Untuk yg mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yg bersifat komplen, ber aura negatif, bikin semua yg baca jadi bete. 

3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.

4. Ane hanya akan jawab agan yg nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu di hina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane.

Jadi gitu ya gan peraturan di thread ane. Yuk langsung ke isi thread! 


“10 Tips untuk Sukses Membangun Network Bisnis”


Agan sama sista pasti sering denger orang bilang “kalau mau karirnya lancar, networknya harus bagus”. Kenapa bisa begitu ? Bukannya kalau kitanya jago, pinter, kompeten, karier kita juga bakal ikutan lancar? Kecerdasan dan kemampuan diri kita masing-masing memang penting, tapi kalau mau karier yang lebih lancar, networking yang bagus bisa menjadi penunjang karir kita. Networking yang sulit adalah membangun dari awal. Kalau kita berhasil dengan baik membangun network kita, kita sendiri yg nantinya akan bisa merasakan manfaatnya.

Kenapa membangun network menjadi penting khususnya untuk karir kita? Berikut penjelasan dari ane.



Sumber: http://joblicity.com/wp-content/uploads/2015/01/build-my-professional-network.jpg


Kenapa kita harus membangun Network?


1. Sumber motivasi dan inspirasi

Networking yang sukses mengantarkan kita untuk bertemu dan mengenal orang-orang sukses dan berpencapaian tinggi. Kalau kita dikelilingi orang-orang semacam ini, tentunya kita bakal lebih terpacu dan bersemangat untuk mengembangkan diri. Dari lingkungan ini, kita juga punya banyak sumber inspirasi dan panutan untuk terus belajar atau berkarya.


“Instead of better glasses, your network gives you better eyes.” - Ronald Burt, American Sociologist


2. Menciptakan kesempatan


http://www.themotivatedmillennial.com/uploads/3/1/3/1/31314465/2154783_orig.jpg


Melalui Network yang kita bangun, kita bisa mengenal banyak orang yang dapat membukakan pintu ke kesempatan-kesempatan baru. Kesempatan-kesempatan itu bisa kesempatan belajar atau kesempatan yang tentunya dapat menunjang karier agan dan sista. Pernah dengar istilah “6 degree of separation”? Paling enggak tau dari lagunya The Script ya gan. “6 degree of separation” itu teori yang intinya adalah kita dengan siapapun di dunia ini cuma berjarak maksimal 6. Misalnya nih ane dengan Barrack Obama. Ane kenal baik dengan Pak Rhenald Kasali soalnya beliau mentor ane. Nah, Pak Rhenald kenal sama Pak Jokowi dan Pak Jokowi kenal dengan Barrack Obama. Jadi, ane dengan Barrack Obama cuma terpisah 3 jarak. Boleh percaya sama teorinya, boleh enggak. Tapi yang jelas ketika kita memperluas Network kita, kesempatan kita untuk mengenal orang-orang hebat semakin besar. 

 

3. Meraih cita-cita jangka panjang

Erat kaitannya dengan dua poin di atas, network yang kita bangun merupakan penunjang yang besar pengaruhnya terhadap cita-cita. Untuk meraih cita-cita jangka panjang kita perlu ketangguhan dan kesungguhan. Untuk menjaga ketangguhan dan kesungguhan tersebut, kita perlu berada di lingkungan yang tepat. Network yang bagus akan membantu agan buat tetap berada di “jalan yang tepat” karena agan dikelilingi oleh lingkungan yang memotivasi, menginspirasi, serta mengantarkan agan pada kesempatan-kesempatan untuk meraih cita-cita jangka panjang yang agan punya. 


Networking tidak akan terjadi dalam satu malam. Kita perlu melakukannya sedikit demi sedikit. Pekerjaan ane memberi kesempatan buat ketemu banyak orang dan ane selalu berusaha untuk membangun network pertemanan dalam tiap kesempatan. Kali ini, ane bakal ngejabarin tips-tips supaya kita bisa sukses membangun network. Cekidot ya gan!

1. Networking adalah hubungan timbal balik


“The currency of real networking is not greed but generosity.” - Keith Ferrazzi, American Author


Networking gak akan terjadi gara-gara tukeran kartu nama. Kita perlu melakukan hubungan timbal balik dengan orang-orang tersebut. Jangan pernah ragu buat ngasih bantuan atau sharing pengetahuan yang agan punya. Networking dapat terbangun jika hubungan timbal baliknya terjadi berulang kali. Kadang beberapa orang merasa males buat menjalin hubungan timbal balik. Nah, buat yang males, perlu dibiasakan buat keep in touch ya.  

2. Memiliki kelebihan diri dan mengasah kemampuan sejak dini

Kelebihan diri yang agan punya adalah salah satu “selling point” ketika agan membangun network. Orang lain yang juga sedang membangun network akan lebih tertarik pada orang-orang yang punya kelebihan. Kelebihan dan kemampuan yang agan punya perlu di asah sedini mungkin. Semakin lama kita berkutat di suatu bidang, semakin jagolah kita di bidang tersebut. 


Selain perlu mengasah kemampuan yang ada, kita juga perlu menunjukkan kemampuan kita tersebut. Jangan diumpetin, kalau agan tahu dan yakin bahwa agan mampu, pede aja. Misalnya agan suka nulis, ya buatlah blog atau nulis buku, kalau agan jago mimpin proyek, jangan ragu share pengalaman agan. Tapi inget ya gan, pede-nya secukupnya aja. Jangan sampai terkesan sombong.


3. Bangun network mulai dari kampus, lingkungan kerja, business partner dan komunitas


https://cl2639.files.wordpress.com/2014/03/networking.jpg

Be aware. Selalu sadari bahwa terdapat banyak kesempatan untuk membangun network di sekitar kita, mulai dari kampus, lingkungan kantor, rekan bisnis, sampai komunitas. Kadang orang suka gak sadar lho kalau ada kesempatan bagus di depan matanya. Kan sayang banget tuh kalau dilewatkan, jadi selalu perhatikan kesempatan-kesempatan yang ada di sekitar agan. Contohnya kalau dari kegiatan kampus adalah kepanitiaan gan. Ketika ikut kepanitiaan, agan bakal ketemu dan kerja dengan temen-temen yang mungkin belum agan kenal sebelumnya. Agan juga punya kesempatan networking ketika nyari sponsor atau pengisi acara buat kepanitiaan itu. Kalau di dunia kerja, agan punya kesempatan networking ketika ada acara kumpul-kumpul satu perusahaan atau ketika agan terlibat di proyek yang bekerja sama dengan perusahaan lain. 


4. Tahu betul network yg sedang dicari  dan bagaimana bisa membantu diri kita

Dalam membangun network, kita gak perlu kenal semua orang tetapi perlu kenal orang dengan yang tepat. Jadi penting banget buat mengetahui apa yang kita mau. Kita harus tahu network seperti apa yang kita mau, bidang apa, komunitas apa, dsb. Kita juga harus memastikan apa manfaat network itu buat diri kita, apakah network tersebut bisa memberi kesempatan untuk mengembangkan diri atau enggak. Dengan bener-bener tahu apa yang kita mau, kita bisa memilah orang-orang mana saja yang perlu kita kenal.

5. Datang ke acara-acara  yg memungkinkan untuk ketemu dengan network yg berhubungan

Teknologi sekarang udah canggih banget gan. Banyak banget acara atau kesempatan buat membangun network dan informasinya gampang banget didapet asalkan kitanya gak males. Saran ane, jangan cuek atau males buat dateng seminar, workshop, conferrence, atau acara-acara lainnya yang sesuai dengan bidang yang agan inginkan. Selain dapet ilmu, agan juga dapet kesempatan buat ketemu orang-orang dengan passion dan bidang yang sama dengan agan.


6. Menguasai bidang pekerjaan

Wajib dong. Orang-orang ingin berkoneksi dengan orang yang tentunya menguasai bidangnya. Penguasaan di bidang pekerjaan ini merupakan kredibilitas agan sebagai seorang profesional. Walaupun banyak kesempatan terbuka, kalau agan gak menguasai bidang pekerjaan agan kan jadinya percuma. Agan gak bisa mengeksekusi kesempatan yang ada dengan cemerlang. Yang ada nantinya berakhir dengan rasa malu. Gak mau kan tentunya? Jadi jangan lelah buat meningkatkan penguasaan di bidang yang agan tekuni.


7. Memerlukan kemampuan leadership yg kuat

Kemampuan leadership dibutuhkan supaya orang lain mau bekerja sama dengan kita. Kemampuan ini mencakup gimana cara kita mengeksekusi suatu ide, gimana strategi kita, gimana cara kita menghadapi masalah yang muncul, gimana cara kita mengarahkan suatu tim untuk mencapai sesuatu, dsb. Kalau mau membangun network, leadership kita harus kuat. Kenapa? Orang akan lebih tertarik sama yang cekatan dan tau apa yang dilakukan ketimbang dengan yang klemar-klemer dalam mengerjakan sesuatu. Kemampuan leadership atau kemampuan mimpin bisa dilatih mulai dari memimpin diri sendiri. Contoh yang paling sederhana sih memimpin diri supaya gak nyontek waktu ujian. 


“To be successful, you have to be able to relate to people; they have to be satisfied with your personality to be able to do business with you and to build a relationship with mutual trust.” - George Ross, Executive Vice President and Senior Counsel of The Trump Organization


8. Memerlukan kemampuan komunikasi dengan baik


http://blog.johnrobertpowers.ph/wp-content/uploads/2014/05/JRPBLOG_bodylanguage.png

Kalau ingin membangun network, tentu saja kemampuan berkomunikasinya harus baik. Kalau misalkan masih merasa canggung, mulailah dengan hal-hal kecil seperti menyapa terlebih dulu. Kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang harus dilatih dengan cara dipraktikkan, gak bisa kalau cuma sambil duduk baca teori. Dan kemampuan ini nantinya berkaitan erat dengan kemampuan interpersonal (kemampuan enak diajak ngobrol). Kalau kemampuan interpersonal skillnya bagus, membangun networking akan jadi lebih gampang.


9. Bangun hubungan lebih dalam dengan network yg sedang dibangun

Usahakan buat selalu keep in touch dengan orang-orang di network yang sedang agan bangun. Lebih bagus lagi jika agan bisa ngajak buat hangout bareng atau dateng ke suatu event bareng. Dari hubungan yang dalam inilah manfaat networking bakal kerasa banget. Salah satunya adalah agan jadi gak canggung buat saling share ilmu dan pengalaman atau buat sharing kesempatan-kesempatan yang bisa menunjang karir satu sama lain. 

10. Jadilah diri sendiri

Tidak perlu berpura-pura jadi orang lain. Jadilah diri agan sendiri. Kalau suatu kesempatan itu memang rezekinya agan ya pasti agan yang dapet. Pura-pura jadi orang lain itu bikin capek dan gak bahagia gan. Apalagi kalau pura-puranya cuma buat ngenyenengin orang lain, yang rugi malah agan sendiri. Niat agan buat ngebangun network baik, gak ada alesan buat gak pede jadi diri sendiri. 


“Pulling a good network together takes effort, sincerity and time.” - Alan Collins, author of “Unwritten HR Rules"


Sekian dulu tips dari ane. Semoga bermanfaat ya! Kalau ada pertanyaan, bisa langsung reply thread ini atau PM ane. Sampai ketemu di thread selanjutnya. 


Twitter & Instagram : @mayaarvini

Facebook : Maya Arvini & Career First

www.mayaarvini.com

  • Black Facebook Icon
  • Black Twitter Icon
  • Black YouTube Icon
  • Black Instagram Icon